Tiga Generasi Membahas Area Kewanitaan

Tradisi 3 Generasi dari Dewi Motik, Moza Pramita, dan Akma:

Banyak hal yang tergeser oleh kecanggihan teknologi, namun ajaran seorang ibu bukan salah satunya.

 

Mendidik anak sudah pasti menjadi tanggung jawab kedua orang tua, namun tahukah Anda bahwa sosok ibu adalah peran yang paling pada setiap keluarga? Setiap ibu yang sudah dikaruniai buah hati pasti dapat merasakan perbedaan yang nyata antara waktu ia dibesarkan oleh ibunya zaman dulu, dan saat ia membesarkan anak di era modern ini.

Waktu tidak berhenti untuk siapapun, dan hal tersebut dipahami oleh Moza Pramita, seorang master of ceremonies (MC) kondang tahun ’90-an yang kini serius menggeluti dunia bisnis. Meski kemajuan zaman terus berkembang, apalagi dengan canggihnya teknologi hari ini, Moza tahu bahwa masih banyak hal dari seorang ibu yang tidak dapat tergantikan oleh kehadiran internet.

Perbedaan yang jelas disampaikan oleh Moza, “Kalau dulu saya hanya bisa menghubungi Mama lewat telepon umum, sekarang saya sudah bisa foto cucu-cucunya sedang apa, dan langsung kirim ke Mama,” ujarnya. Tidak berbeda jauh dengan pendapat sang ibu, Dewi Motik, “Lingkungan adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan anak. Kini, dengan terciptanya media sosial, lingkungan pertemanan anak juga bertambah luas,” tutur wanita pendiri Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ini.

Namun, tak sekalipun perbedaan itu terbesit di kepala Moza sebagai penghalang antara ia dan anak-anaknya, apalagi anak perempuannya. Dibesarkan oleh salah seorang wanita hebat di Tanah Air, Moza selalu membiasakan diri untuk bertanya mengenai hal apapun yang tidak ia pahami. Apalagi ketika mengalami menstruasi untuk pertama kalinya, namun karena sudah terbiasa membicarakan hal-hal tersebut dengan sang ibu, Moza tahu apa yang harus ia lakukan.

Begitu juga dengan Akma Siregar, putri dari Moza Pramita, ketika ditemui di studio Bazaar. “Oma selalu mengingatkan saya dan Bunda untuk selalu menjaga dan merawat pemberian Tuhan dengan cara merawat dan menjaga kebersihannya, dimulai untuk kepentingan diri sendiri, dan saya bersyukur banget sudah diajarkan untuk menjaga dan merawat area kewanitaan sejak sedini mungkin,” ucap Akma.

Di momen seperti inilah teknologi memiliki peranan penting dalam menciptakan kenyamanan bagi kaum wanita. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari adanya rangkaian Betadine Feminine Care yang diciptakan khusus untuk wanita. Mengandung kombinasi prebiotik dan Antioxidant Immortelle, produk Betadine yang berwarna ungu ini dapat menjaga kadar flora normal yang berperan sebagai pelindung alami daerah kewanitaan.

Banyak yang berubah dalam perihal mendidik anak dari waktu ke waktu, dan itu lebih dari teknologi. Simak cuplikan video di bawah ini, dan juga wawancara lengkapnya Dewi Motik, Moza Pramita, dan Akma Siregar dengan majalah Harper’s Bazaar Indonesia di edisi April 2019.